Uncategorized

Gus Ipul : Tahun 2025 Jadi Tahun Transisi Menyongsong Indonesia Emas

Gus Ipul : Tahun 2025 Jadi Tahun Transisi Menyongsong Indonesia Emas

Pasuruan||Liputankasus.com – Tahun 2025 adalah tahun transisi dengan makna menjembatani yang lama dan menyongsong yang baru menuju Indonesia Emas 2025. Dengan melanjutkan hal-hal lama yang baik dan memperbaiki hal-hal yang belum baik.

Hal ini disampaikan Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), saat membuka secara daring Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pasuruan tahun 2025 bertempat di Gedung Gradika Bhakti Praja, Senin (26/2/2024).

Dikutip dari laman resmi Pemkot Pasuruan, Gus Ipul menyampaikan, perencananaan pembangunan 2025 secara hukum masih merupakan bagian dari tahun Gus Ipul-Mas Adi sesuai dengan Perda Nomer 4 tahun 2021 tentang RPJMD Kota Pasuruan 2021-2026 serta menjadi landasan pondasi transformasi bagi RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 yang sedang disusun.

“Tahun 2025 sekaligus menjadi tahun pertama bagi Walikota terpilih yang akan berkompetisi pada Pilkada serentak akhir 2024 ini,  dan harus ada ruang transisi bagi platform politik Walikota selanjutnya. Harus kita siapkan untuk kepemimpinan berikutnya. Saya ingin, apa yang kita kerjakan hari ini bisa ditindaklanjuti di masa mendatang siapapun yang akan memimpin,” ujarnya

Sebagai tahun transisi, Gus Ipul menyebutkan penyusunan RKPD 2025 harus menyelaraskan prioritas Nasional, Provinsi dan Kota Pasuruan. Mengingat, periode perencanaan akan berjalan serempak, walikota, gubernur, dan presiden akan memiliki periodesasi jabatan yang sama. Tentu, penyelarasan ini diharapkan akan memudahkan perencanaan kedepannya.

Guna tercapainya prioritas pembangunan di Tahun 2025, Gus Ipul memberikan beberapa arahan kebijakan bagi seluruh perangkat daerah. Salah satu hal yang ditekankan adalah pelaksanaan event kreatif dengan pemanfaatan ruang publik kota dengan adanya Payung Madinah dan Taman Tematik Mekkah.

“Buat even-even kreatif yang mampu menggerakkan perekonomian Kota Pasuruan melalui wisata religi, wisata heritage, dan wisata edukasi,” ucap Gus Ipul

Selain itu, Gus Ipul juga menggaris bawahi kebijakan untuk seluruh perangkat daerah agar mengidentifikasi prioritas-prioritas pembangunan yang sudah dan yang belum dilaksanakan, dan memasukkannya kedalam prioritas 2025.

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD dengan tujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan dari para Kepala OPD hingga pemangku kepentingan lainnya.

Pada forum ini, dilakukan pemaparan program prioritas pembangunan “Maju Ekonominya, Indah Kotanya, dan Harmoni Wargannya” dengan tema RKPD Kota Pasuruan tahun 2025 yaitu “Memantapkan Kemandirian dan Kestabilan Ekonomi Masyarakat serta Menjaga Stabilitas Sosial“.(IP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button